Read Larung by Ayu Utami Free Online


Ebook Larung by Ayu Utami read! Book Title: Larung
Date of issue: 2002
ISBN: 9799023645
ISBN 13: 9789799023643
The author of the book: Ayu Utami
Language: English
Format files: PDF
The size of the: 4.53 MB
Edition: KPG

Read full description of the books Larung:

“Seperti segala binatang dan kita hidup dengan memakan yang lain, manusia selamat dengan mengorbankan yang lain. Mengapa engkau merasa aneh?”

Larung merupakan lanjutan novel Saman, dengan fokus baru pada tokoh pria bertubuh kecil yang acuh tak acuh dan misterius bernama Larung Lanang. Seperti halnya Saman, dia dekat dengan kehidupan yang berbau magis. Dan dia ingin mencabut nyawa neneknya.

Dalam buku ini, kehidupan empat sahabat (Laila, Cok, Yasmin, Shakuntala) dan juga Saman masih menjadi bagian penting. Kali ini mereka terlibat dalam misi melarikan tiga aktivis mahasiswa kiri ke luar negeri. Kisah penutup dari buku ini seketika mengingatkanku pada sebuah tragedi yang menjadi "noda hitam" pada sejarah Indonesia. Sepertinya penulis mencoba memberikan pandangannya akan fakta tersebut.

Seperti halnya novel Saman, topik politik, feminisme, lingkungan, seks, dan supernatural masih menjadi bumbu cerita. Aku suka kisah supernatural Larung yang memiliki nenek dengan kekuatan ilmu hitam. Digambarkan neneknya adalah sosok Calon Arang, seorang wanita dengan kekuatan ilmu hitam tingkat tinggi. Sayang sih ceritanya terbilang singkat. Nggak seperti kisah supernatural Saman dengan ibunya. Ya, aku memang suka sama kisah supernatural apalagi yang khas Indonesia.

Aku merasa beruntung baca buku ini karena ada kisah tentang penyerbuan markas PDI di jalan Diponegoro. Karena aku sempat nggak mengikuti beritanya. Bisa sih baca di Internet, tapi ketemu kisah tersebut secara kebetulan di buku ini berasa spesial aja haha. Oh, dan di buku ini juga terselip soal kisah kelam G30S. Apakah benar Komunis sekejam itu? Faktakah kesadisan yang terjadi pada para Jenderal yang dibunuh di Lubang Buaya? Konon katanya hasil visum mereka tidak demikian adanya. Semua hanyalah pemalsuan sejarah. G30S hanyalah rekayasa demi menyudutkan paham komunis/sosialis. Aku jadi teringat guru sejarahku waktu kelas 3 SMA. Beliau memberikan empat versi mengenai penyebab timbulnya G30S. Padahal buku sejarah yang resmi dikeluarkan oleh sekolah/pemerintah nggak mencantumkan bagian ini. Ah, aku semakin yakin bahwa banyak sejarah yang sudah dipalsukan. Dan semuanya tentu demi kepentingan beberapa pihak.

“Tak ada pahlawan di sini. Yang ada hanya pemenang dan pecundang. Sebab siapa pun yang menang― ABRI, komunis, angkatan kelima, siapapun dengan ideologi apapun―akan melakukan kekejaman yang sama terhadap lawannya Karena kejahatan dan kebaikan datang dalam satu paket.”

Pokoknya baca buku ini dari halaman pertama sampe terakhir bener-bener menghipnotis. Tokoh Larung bikin aku jatuh cinta. Suka sama pemikirannya yang terbuka dan nggak memihak. Ada bagian yang bikin aku teringat sama Menteri Susi, soal hasil laut yang dijarah oleh Thailand. Juga tentang pasir-pasir yang banyak dijual ke Singapura. Oh, Indonesia. Betapa kaya dirimu.

P.S. Kalo nggak salah banyak iklan di novel ini, gak seperti di Saman deh. Tapi tetep jatuh cinta. Tetep gak bisa ngasih di bawah lima bintang. ^^

Read Ebooks by Ayu Utami



Read information about the author

Ebook Larung read Online! Justina Ayu Utami atau hanya Ayu Utami (lahir di Bogor, Jawa Barat, 21 November 1968) adalah aktivis jurnalis dan novelis Indonesia, ia besar di Jakarta dan menamatkan kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
Ia pernah menjadi wartawan di majalah Humor, Matra, Forum Keadilan, dan D&R. Tak lama setelah penutupan Tempo, Editor dan Detik pada masa Orde Baru, ia ikut mendirikan Aliansi Jurnalis Independen yang memprotes pembredelan. Kini ia bekerja di jurnal kebudayaan Kalam dan di Teater Utan Kayu. Novelnya yang pertama, Saman, mendapatkan sambutan dari berbagai kritikus dan dianggap memberikan warna baru dalam sastra Indonesia.

Ayu dikenal sebagai novelis sejak novelnya Saman memenangi sayembara penulisan roman Dewan Kesenian Jakarta 1998. Dalam waktu tiga tahun Saman terjual 55 ribu eksemplar. Berkat Saman pula, Ayu mendapat Prince Claus Award 2000 dari Prince Claus Fund, sebuah yayasan yang bermarkas di Den Haag, yang mempunyai misi mendukung dan memajukan kegiatan di bidang budaya dan pembangunan. Akhir 2001, ia meluncurkan novel Larung.


Ebooks PDF Epub



Add a comment to Larung




Read EBOOK Larung by Ayu Utami Online free

Download PDF: larung.pdf Larung PDF